Rabu, 25 Januari 2012

SEMUA ADA DI SINI

A. Konsep Bimbingan dan Konseling

  1. Konsep Bimbingan dan Konseling
  2. Landasan Bimbingan dan Konseling
  3. Hakikat dan Bimbingan dan Konseling
  4. Tujuan Bimbingan dan Konseling
  5. Fungsi, Prinsip dan Asas Bimbingan dan Konseling
  6. Bidang Bimbingan dan Konseling
  7. Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling
  8. Bimbingan dan Konseling di Sekolah
  9. Bimbingan Karier
  10. Informasi Karier
  11. Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
  12. Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di SMP
  13. Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di SMA
  14. Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi

B. Proses Bimbingan dan Konseling

  1. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
  2. Prosedur Umum Layanan Bimbingan dan Konseling
  3. Proses Layanan Konseling Individual
  4. Pendekatan dan Teknik Konseling
  5. Teknik Umum Konseling
  6. Teknik Umum Konseling II
  7. Teknik Khusus Konseling
  8. Konseling Behavioral
  9. Konseling FaceBook di Sekolah
  10. Konseling Gestalt
  11. Konseling Humanistik
  12. Konseling Pecandu Narkoba
  13. Konseling Psikoanalisis
  14. Konseling Rational Emotif Terapi (RET)
  15. Terapi Kognitif Behavioral
  16. Terapi Realitas
  17. Alat Ungkap Masalah
  18. Konferensi Kasus dalam Bimbingan dan Konseling
  19. Studi Kasus dalam Bimbingan dan Konseling
  20. Pengembangan Diri dalam Bimbingan dan Konseling
  21. Pembelajaran Kompetensi Konseling Karier Mikro

C. Manajemen Bimbingan dan Konseling

  1. Peran Kepala Sekolah dalam Bimbingan dan Konseling
  2. Peran Kepala Sekolah, Guru dan Wali Kelas dalam BK
  3. Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
  4. Strategi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
  5. Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada SSN
  6. Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif
  7. Evalusi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
  8. Pergeseran Pola Manajemen dan Proses Bimbingan dan Konseling
  9. Kilas Balik Profesi Konselor
  10. Kualifikasi dan Kompetensi Konselor (Permendiknas No. 27 Tahun 2008
  11. Kompetensi Guru BK
  12. Perilaku Konselor yang Efektif
  13. Bimbingan dan Konseling dalam Manajemen Mutu Pendidikan
  14. Tips Advokasi Bimbingan dan Konseling
  15. Keunikan dan Keterkaitan Pelayanan Guru dan Konselor
  16. Layanan BK Sarat Nilai
  17. Kekeliruan Pemahaman tentang Bimbingan dan Konseling
  18. Penanganan Siswa Bermasalah di Sekolah
  19. Perjalanan Jauh Bimbingan dan Konseling sebagai Profesi
  20. Penulis dan Konseling
  21. Guru BK Tak Perlu Beri Solusi
  22. Standar Ruangan Bimbingan dan Konseling
  23. Menyoal tentang Ruang BK
  24. Seminar BK di UNIKU
  25. Menyoal Situs ABKIN
  26. Rubrik Sertifikasi Guru BK
  27. Instrumen Pengamatan Keterampilan Proses Konseling
PSIKOLOGI PENDIDIKAN

A. Konsep Psikologi Pendidikan

  1. Behaviorisme
  2. Psikoanalisis
  3. Psikologi Humanistik
  4. Hakikat Belajar
  5. Teori-Teori Belajar
  6. Teori-Teori Motivasi
  7. Hakikat Cinta
  8. Gaya Belajar Siswa Menurut Kolb
  9. Self-Diri
  10. Harga Diri
  11. Tentang Hipnosis
  12. Tentang IQ, EQ, dan SQ
  13. Konstribusi Psikologi Terhadap Pendidikan
  14. Kriteria Perilaku Abnormal
  15. Memahami Emosi Individu
  16. Memahami Perilaku Individu
  17. Pengaruh Faktor Keturunan terhadap Individu
  18. Pengaruh Lingkungan terhadap Individu
  19. Hubungan Orang Tua-Anak
  20. Taksonomi Perilaku Individu
  21. Perilaku Sosial
  22. Tentang Kerjasama
  23. 14 Cara Menumbuhkan Kerjasama di Sekolah
  24. Mengembangkan Kemitraan
  25. Mengembangkan Komunikasi yang Efektif

B. Perkembangan Peserta Didik

  1. Tugas-Tugas Perkembangan Individu
  2. Perkembangan Individu Secara Didaktis
  3. Perkembangan Individu
  4. Perkembangan Karier
  5. Perkembangan Keagamaan
  6. Perkembangan Kepribadian
  7. Pola Kepribadian Individu – Elizabeth B. Hurlock
  8. Perkembangan Kognitif
  9. Perkembangan Konatif
  10. Perkembangan Moral
  11. Problema Remaja
  12. Kemampuan Individu
  13. Kepribadian Individu
  14. Tipe-Tipe Kepribadian Individu
  15. Karakteristik Perilaku dan Pribadi Remaja
  16. Kecerdasan Individu Delinkuen
  17. Ciri-Ciri Kedewasaan
  18. Ciri-Ciri Manusia Merdeka
  19. Ciri-Ciri Manusia Inovatif
  20. Tips Menuju Pribadi Sukses
  21. Kepribadian Sukses ala New Psycho Cybernetics
  22. Kesulitan dan Bimbingan Belajae Siswa
  23. Upaya Mencegah Kecemasan Siswa di Sekolah

C. Aplikasi Psikologi dalam Pendidikan

  1. Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow di Sekolah
  2. Disiplin Kerja
  3. Disiplin Siswa
  4. Kreativitas di Sekolah
  5. Mithos tentang Kreativitas
  6. Mencairkan Konflik
  7. Sekolah Berbahaya
  8. Rasa Cinta dalam Pendidikan
  9. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran
  10. Pskologi Pendidikan dan Guru
  11. Mengelola Stress
  12. Perilaku Nyontek
  13. Menghilangkan Rasa Cemas
  14. Pengembangan Aktivitas, Kretivitas dan Motivasi Siswa
  15. Umpan Balik yang Efektif bagi Siswa
MANAJEMEN PENDIDIKAN

A. Konsep, Substansi , dan Proses Manajemen Pendidikan

  1. Konsep Manajemen Sekolah
  2. Manajemen Keuangan
  3. Manajemen Kinerja Guru
  4. Manajemen Kurikulum
  5. Manajemen Peran Serta Masyarakat
  6. Peran Komite Sekolah
  7. Manajemen Perubahan
  8. Manajemen Peserta Didik
  9. Kehadiran dan Ketiidakhadiran Siswa
  10. MOS yang Humanis
  11. MOS yang Menyebalkan
  12. Konsep Dasar Sekolah Kategori Mandiri- SSN
  13. Analisis Situasi Sekolah
  14. Visi Sekolah
  15. Teori-Teori Organisasi
  16. Team Work di Sekolah
  17. Standar Nasional Pendidikan
  18. Biaya Pendidikan
  19. Tentang Pendanaan Pendidikan
  20. Budaya Organisasi di Sekolah
  21. Pengembangan Budaya Sekolah
  22. Iklim Sekolah
  23. Sekolah sebagai Agen Pengembangan Karakter
  24. Sekolah Sehat dan Sekolah Sakit
  25. Cara Meningkatkan Inovasi
  26. Inovasi dan Tata Kelola Pendidikan
  27. Langkah-langkah Memelihara Inovasi di Sekolah
  28. Ciri-Ciri Sekolah Bermutu
  29. Difusi Inovasi
  30. Image Perubahan Pendidikan
  31. Kantin Sekolah
  32. Seragam Sekolah
  33. 11 Karakteristik Manajemen Sekolah
  34. Konsep Pengambilan Keputusan
  35. Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan
  36. Keputusan Partisipatif
  37. Rencana Pengembangan Sekolah
  38. Strategi Pengembangan Sekolah Unggul

B. Kepemimpinan Pendidikan

  1. Kualifikasi Kepala Sekolah
  2. Kompetensi Kepala Sekolah
  3. Kemampuan Manejerial Kepala Sekolah
  4. Kepemimpinan Kepala Sekolah
  5. Kepemimpinan Pendidikan
  6. Kepemimpinan Perempuan
  7. Kepemimpinan Transformasional
  8. 70% Kepala Sekolah Tidak Kompeten
  9. Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah
  10. Profil Manajer dan Pemimpinan yang Dibutuhkan Saat ini
  11. Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah
  12. Konsep Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
  13. Kewirausahaan Kepala Sekolah
  14. Menjadi Kepala Sekolah yang Efektif

C. Pengawasan Pendididikan

  1. Standar Mutu Pengawas Sekolah
  2. Hakikat Pengawasan Sekolah
  3. Tugas Pokok Pengawas Sekolah
  4. Penugasan Pengawas Sekolah
  5. Kualifikasi Pengawas Sekolah
  6. Kompetensi Pengawas Sekolah
  7. Pengembangan Karier Pengawas Sekolah
  8. Perencanaan Pelaksanaan dan Pelaporan Pengawasan
  9. Download Buku Kerja Pengawas Sekolah
  10. Supervisi Klinis untuk Mengefektifkan Pembelajaran
  11. Konsep Supervisi Akademik
  12. Mengenal Beberapa Metode Supervisi Manajerial
  13. Model Kepengawasan/Supervisi Pendidikan Cooperative Profesional Development (CPD)
  14. Menggagas Evaluasi Kinerja Guru oleh Siswa
  15. Penilaian Kinerja Guru
  16. Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB)
  17. Penilaian Portofolio Guru
  18. Membangun Pengawasan Pendidikan Berorientasi Mutu
  19. Tugas Guru BK-Konselor dan Pengawas BK
  20. Program Pengawasan Sekolah
  21. Akreditasi Sekolah
  22. Kebijakan Akreditasi Sekolah
  23. Visitasi dalam Akreditasi Sekolah
  24. Catatan Kecil tentang Sertifikasi Pengawas Sekolah
  25. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
  26. Portofolio Sertifikasi Pengawas Sekolah
  27. Peran Pengawas Sekolah Harus Direvitalisasi
  28. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas Sekolah

D. Instrumen Kepengawasan

  1. Instrumen Budaya Sekolah
  2. Instrumen Kemampuan Manajemen Kepala Sekolah
  3. Instrumen Akreditasi SMA
  4. Instrumen Akreditasi SMP-MTS
  5. Instrumen Kinerja Sekolah Standar Nasional
  6. Instrumen Pengamatan Proses Konseling
  7. Instrumen Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling
  8. Instrumen Sertifikasi Guru BK-Konselor
  9. Instrumen Supervisi Akademik
  10. Instrumen Supervisi dan Kinerja Berdasarkan Standar Nasional
  11. Inventori Tugas Perkembangan

E. Regulasi Pendidikan

  1. UU No. 39 Tahun 2008
  2. PP No. 17 Tahun 2010
  3. PP No. 25 Tahun 2010
  4. PP No. 37 Tahun 2009
  5. PP No. 41 Tahun 2009
  6. PP No. 42 Tahun 2009ran
  7. PP No. 52 Tahun 2009
  8. PP No. 74 Tahun 2008
  9. Permen PAN No. tahun 2009
  10. Permendiknas No 39 tahun-2009
  11. Permendiknas No. 10 Tahun 2009
  12. Permendiknas No. 15 Tahun 2009
  13. Permendiknas No. 27 Tahun 2008
  14. Permendiknas No. 28 Tahun 2010
  15. Instrumen Akreditasi SD-MI
  16. Permendiknas No. 15 Tahun 2010 – Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar
  17. Permendikbud No. 59 tahun 2011
  18. Permendiknas No. 11 Tahun 2011 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan
  19. Tentang Ujian Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (UN SD dan MI) – Permendiknas No.2 Tahun 2011
  20. Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional (POS-UN) Tahun Pelajaran 2010/2011
  21. Permendiknas No. 45 Tahun 2010 tentang Ujian Nasional
  22. Permendiknas No. 59 Tahun 2011 tentang Ujian Nasional
  23. Selengkapnya lihat DISINI dan DISINI
SERBA-SERBI PENDIDIKAN

A. Filsafat

  1. Pengertian Filsafat
  2. Mengapa Manusia Berfilsafat
  3. Filsafat Ilmu
  4. Hubungan Antara Filsafat dengan Ilmu
  5. Perkembangan Filsafat Ilmu
  6. Hakikat Ilmu
  7. Hakikat Teori
  8. Penalaran
  9. Teori Nilai
  10. Aliran Filsafat Pendidikan
  11. Manusia dan Masalahnya
  12. Filsafat Naturalisme
  13. Filsafat Pendidikan Islam
  14. Idealisme dalam Filsafat Pendidikan
  15. Islamisasi Sains
  16. Pendekatan-Pendekatan dalam Teori Pendidikan

B. Penelitian

  1. Penelitian Pendidikan
  2. Memahami Penelitian Kualitatif
  3. Penelitian Tindakan Kelas (I)
  4. Penilitian Tindakan Kelas II
  5. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Guru
  6. Persyaratan dan Kriteria Karyatulis Ilmiah Guru
  7. Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Pendidikan
  8. Metode Penelitian Pendidikan
  9. Tentang Penulisan Skripsi

C. Internet dan Komputer

  1. Blog Paling Populer
  2. Menjadi Peringkat Pertama
  3. Caci Maki di Blog Nurdin M.Top
  4. Daftar Situs PTN
  5. Tentang Mesin Pencari
  6. Tarif Baru Telkomsel
  7. My Statement
  8. Satu Tahun Menjadi Blogger
  9. Printer Laser Dapat Membahayakan Tubuh
  10. Perubahan Blog
  11. Merubah Tampilan Blog
  12. GURARU Award 2011: Guru Era Baru, Guru Melek Teknologi
  13. Cirebon Blogger Competition
  14. Wow! Blog ini ada di Tabloid PC Mild Edisi 25/2010

D. Sosial dan Budaya

  1. Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd.: Guru Besar Bimbingan dan Konseling
  2. Guru yang Selalu Dikagumi dan Dikenang Muridnya
  3. Tahun Pelajaran Baru di Bulan Juli
  4. Institusi Lokal dan Modal Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat
  5. Pembelajaran Monyet
  6. Menuju Masyarakat Belajar
  7. Pendekatan Sosial dalam Kegiatan KKN
  8. Peran Aktif Organisasi Profesi
  9. Sejarah Pelacuran di Indonesia
  10. Sejarah Pelacuran Dunia
  11. Pornografi dan Pornoaksi
  12. Mengkritisi Tayangan Infotainment
  13. Antasari Dicegah ke Luar Negeri
  14. Benda dan Manusia Busuk
  15. Berita Mengenaskan Para TKW
  16. Quick Count Pilpres 2009
  17. Mobil Dinas Obama
  18. Partai Golput
  19. Pembelajaran Diri dalam PEMILU 2009
  20. Berita Miring Debat Capres
  21. Bom Ritz Carlton-Marriott Terkait dengan Hasil Pilpres 2009
  22. Ulama Doakan Pelaku Teroris Dilaknat Allah
  23. Pernyataan Para Muallaf tentang Islam
  24. Muslim yang Pernah Menjelajah Luar Angkasa
  25. Tradisi Mudik
  26. Bugiakso: Penggagas Blog Competition 2009
  27. Dua Lirik Lagu yang Menyentuh Hati
  28. Fenomen 2012
  29. Kerusuhan di mana-mana
  30. Harapan Anda terhadap Mendiknas
  31. Jaman Pra Listrik dan Pasca Listrik
  32. Korupsi di Dunia Pendidikan
  33. Potensi Penyimpangan DAK Pendidikan
  34. Korupsi Ibarat Kanker Ganas
  35. KPK, Tamatkah Riwayatnya?
  36. Soeharto Meninggal !
  37. Kriteria Mendiknas yang Diharapkan
  38. Rekomendasi Tim 8 Kepada SBY
  39. Mewaspadai Berbagai Penyakit Guru
  40. Gempa Bumi

E. Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan

  1. Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional KPS Balikpapan
  2. Menjadi Guru Berkarakter
  3. Pengetahuan Manusia
  4. Pendidikan Karakter dalam Layanan Bimbingan dan Konseling
  5. Pendidikan Karakter Tanpa Peran Serta Bimbingan dan Konseling
  6. Pelatihan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling
  7. Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan Konseling Individual
  8. Teknik Penyusunan Program Pelayanan Konseling Berbasis IKMS
  9. Membaca untuk Pengembangan Pengetahuan
  10. Teknik Membaca SQ3R
  11. Dicari Buku-Buku Model Pembelajaran Inovatif
  12. Berfikirlah Terus Jika Ingin Tetap Menjadi Manusia
  13. Esensi, Proses dan Wilayah Administrasi Pendidikan
  14. Qalam: Majalah Psikologi Islam
  15. Majalah Bina Akademika
  16. Makna Baru Perubahan Pendidikan
  17. Wokshop di SMA N 1 Kadugede
  18. Workshop di SMA N 1 Garawangi
  19. Pengembangan Kinerja Inovatif Guru BK
  20. Workshop Dinamika Kelompok
  21. Dipanggil Depdiknas
  22. Menggagas Lesson Study di SMP N 1 Kadugede
  23. Penelitian Tindak Kelas dan Profesionalisme Guru
  24. Workshop Pendidikan Karakter di SMP Negeri 2 Darma-Kabupaten Kuningan

G. Kebijakan dan Umum

  1. Calon Peserta Sertifikasi Guru 2012
  2. Tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) Tahun 2011
  3. 70 PTN-PTS Mundur dari Ujian Nasional
  4. Setelah Empat Tahun Pemberlakuan KTSP
  5. Bahan Ajar Berbasis TIK
  6. DAK Pendidikan
  7. Gaji Ketigas Belas Tahun 2010
  8. Hasil Sertifikasi Guru Tahun 2009
  9. Kontoversi Ujian Nasional
  10. Komposisi Kabinet Indonesia Bersatu II
  11. Visi Capres dan Cawapres tentang Pendidikan
  12. Program Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
  13. Pro-Kontra Ujian Nasional
  14. Program 100 Hari Depdiknas
  15. Mutu Pendidikan Rendah, Salah Siapa?
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

A. Kurikulum

  1. Kuirikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru
  2. Pengertian Kurikulum
  3. Landasan Kurikulum
  4. Teori Pendidikan dan Kurikulum
  5. Kurikulum Berdasarkan Filsafat Behaviorisme
  6. Komponen-Komponen Kurikulum
  7. Prinsip Pengembangan Kurikulum
  8. Model Pengembangan Kurikulum
  9. Perkembangan Mata Pelajaran di Indonesia
  10. Perubahan Kurikulum
  11. MPMBS dan KTSP
  12. Panduan Penyelenggaraan SKS
  13. Pengembangan Diri dalam KTSP
  14. Pengelolaan Kurikulum Sekolah Standar Nasional
  15. Karakteristik Mata Pelajaran IPS

B. Konsep Pembelajaran

  1. Hakikat Pendidikan
  2. Definisi Pendidikan Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS
  3. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
  4. Pendidikan dari Jaman ke Jaman
  5. Pendidikan Holistik
  6. Pendidikan Kritis
  7. Pendidikan Sepanjang Hayat
  8. Pendidikan Sepanjang Hayat (II)
  9. Pendidikan Umum
  10. Pendidikan yang Memerdekakan
  11. Peran Pendidikan Menuju Bangsa Yang Bermartabat
  12. Wacana Pendidikan Multikultural
  13. Konsep PAKEM
  14. Konsep Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah
  15. Konsep Pendidikan Karakter
  16. Pendidikan Karakter
  17. Pengembangan Karakter
  18. 10 Aspek Degradasi Moral dan 11 Prinsip Pendidikan Karakter
  19. Model Pendidikan Karakter
  20. Quantum Learning
  21. 10 Megatrend Belajar
  22. Empat Pilar Belajar
  23. Homeschooling
  24. Teori Belajar Konstruktivisme
  25. Komparasi Pembelajaran Behaviorisme dengan Konstruktivisme
  26. Pergeseran Paradigma Pendidikan
  27. 5 Unsur Penting falam Lingkungan Pembelajaran Konstruktivisme
  28. Prinsip Pendidikan Orang Dewasa
  29. Pembelajaran yang Efektif
  30. Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah

C. Proses Pembelajaran

  1. Persiapan Mengajar
  2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
  3. Silabus dan RPP Bernuansa Karakter
  4. Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran
  5. Strategi Pembelajaran
  6. Prosedur Pembelajaran
  7. Standar Pelaksanaan Proses Pembelajaran
  8. Standar Perencanaan Proses Pembelajaran
  9. Konsep Pengembangan Bahan Ajar
  10. Pengembangan Bahan Ajar
  11. Pembelajaran Kontekstual
  12. Pembelajaran Pengayaan (Enrichment)
  13. Pembelajaran Remedial (Remedial Teaching)
  14. Pembelajaran Tematik
  15. Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning)
  16. Jurnal Pembelajaran
  17. Model Pembelajaran Afektif
  18. Model Pembelajaran Group Investigation
  19. Pembelajaran Berdasarkan Masalah
  20. Model Pembelajaran Inovatif
  21. Model Pembelajaran Kreatif
  22. Model Pembelajaran pada SSN
  23. Cooperative Learning Teknik Jigsaw
  24. Pembelajaran Inkuiri
  25. Pembelajaran Inkuiri Sosial
  26. Model Pembelajaran Langsung
  27. SPICES : Konsep Pembelajaran Mutakhir dan Inovatif
  28. Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran
  29. Teknologi Pembelajaran
  30. Sumber-Sumber yang Mempengaruhi Teknologi
  31. Media Pembelajaran
  32. Media Pembelajaran Berbasis Komputer
  33. SlideShare Untuk Pembelajaran
  34. Teknik Pengelolaan Kelas
  35. Penataan Tempat Duduk Siswa
  36. Team Teaching
  37. Game dalam Pembelajaran I
  38. Game dalam Pembelajaran II
  39. Game dalam Pembelajaran III
  40. Icebreak Multimedia
  41. Kegiatan Ekstra Kelas
  42. Tips Memotivasi Siswa untuk Belajar
  43. Upaya Mengaktifkan Siswa dalam Pembelajaran
  44. Ciiri-ciri Pembelajaran Aktif di Kelas
  45. Ciiri-ciri Sekolah yang Melaksankan Pembelajaran Aktif
  46. Tujuh Prinsip Praktik Pembelajaran yang Baik
  47. Tips Sukses Mengajar ala Gisele Glosser
  48. Beban Belajar dan Pemberian Tugas Kepada Siswa

D. Penilaian Pembelajaran

  1. Penilaian Pembelajaran Siswa
  2. Penilaian Hasil Belajar Siswa
  3. Penilain dan Pengawasan Proses Pembelajaran
  4. Penilain Psikomorik
  5. Penilaian Afektif
  6. Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran
  7. Kriteria Ketuntasan Minimal
  8. Indikator Keberhasilan Program-Pendidikan Karakter
  9. Indikator Pencapaian Kompetensi
  10. Pengembangan Indikator
  11. Umpan Balik yang Efektif
  12. Sistem Penilaian pada Sekolah Standar Nasional
  13. Kemampuan Menganalisis dalam Pembelajaran
  14. Belajar untuk Memahami
PROFESI GURU
  1. Guru yang Efektif
  2. Profesionalisme Guru
  3. Peran Guru dalam Proses Pendidikan
  4. Peran Guru sebagai Fasilitator
  5. Peran Guru sebagai Pembimbing
  6. Peran Guru sebagai Motivator
  7. Tugas Guru Mata Pelajaran
  8. Proposisi Inti Kompetensi Guru
  9. Pemberdayaan Guru
  10. Sekilas tentang Program Induksi bagi Guru Pemula
  11. Program Induksi untuk Mencegah Malpraktek
  12. Bentuk Budaya Guru
  13. Lima Cara Guru Belajar
  14. Ciri-Ciri Guru Konstruktivis
  15. Antara Dukun dengan Guru
  16. Tips Menjadi Pendidik yang Dihormati
  17. Tentang Lesson Study
  18. Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Profesi
  19. Revitalisasi MGMP
  20. Standandar Penyelenggaraan KKG-MGMP
  21. Evaluasi Kinerja Guru oleh Siswa
  22. Guru dan KTSP
  23. Guru dan Siswa yang Terintimidasi
  24. Guru Menjadi Pekerja Profesional?
  25. Mensarjanakan Guru
  26. Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah
  27. Kompetensi Guru pada Sekolah Standar Nasional
  28. Klasifikasi Guru dan Tingkatan Praktik Pembelajarannya
  29. Kode Etik Guru Indonesia
  30. Sertifikasi 2010
  31. Pedoman Penyusunan Portofolio Sertifikasi Guru
  32. Penetapan Sertifikasi Guru
  33. Sertifikasi Guru BK-Konselor
  34. Sertifikasi Guru dan Pengawas Sekolah
  35. Sertifikasi Guru Tahun 2009
  36. Masalah Sertifikasi Guru
  37. Masalah Sertifikasi Guru (II)
  38. Penyelenggaraan Sertifikasi Guru
  39. Tunjangan Profesi Guru
  40. Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru
  41. Pencairan Tunjangan Profesi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar