A. Konsep Bimbingan dan Konseling
- Konsep Bimbingan dan Konseling
- Landasan Bimbingan dan Konseling
- Hakikat dan Bimbingan dan Konseling
- Tujuan Bimbingan dan Konseling
- Fungsi, Prinsip dan Asas Bimbingan dan Konseling
- Bidang Bimbingan dan Konseling
- Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling
- Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Bimbingan Karier
- Informasi Karier
- Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
- Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di SMP
- Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di SMA
- Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi
B. Proses Bimbingan dan Konseling
- Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Prosedur Umum Layanan Bimbingan dan Konseling
- Proses Layanan Konseling Individual
- Pendekatan dan Teknik Konseling
- Teknik Umum Konseling
- Teknik Umum Konseling II
- Teknik Khusus Konseling
- Konseling Behavioral
- Konseling FaceBook di Sekolah
- Konseling Gestalt
- Konseling Humanistik
- Konseling Pecandu Narkoba
- Konseling Psikoanalisis
- Konseling Rational Emotif Terapi (RET)
- Terapi Kognitif Behavioral
- Terapi Realitas
- Alat Ungkap Masalah
- Konferensi Kasus dalam Bimbingan dan Konseling
- Studi Kasus dalam Bimbingan dan Konseling
- Pengembangan Diri dalam Bimbingan dan Konseling
- Pembelajaran Kompetensi Konseling Karier Mikro
C. Manajemen Bimbingan dan Konseling
- Peran Kepala Sekolah dalam Bimbingan dan Konseling
- Peran Kepala Sekolah, Guru dan Wali Kelas dalam BK
- Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Strategi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada SSN
- Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif
- Evalusi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Pergeseran Pola Manajemen dan Proses Bimbingan dan Konseling
- Kilas Balik Profesi Konselor
- Kualifikasi dan Kompetensi Konselor (Permendiknas No. 27 Tahun 2008
- Kompetensi Guru BK
- Perilaku Konselor yang Efektif
- Bimbingan dan Konseling dalam Manajemen Mutu Pendidikan
- Tips Advokasi Bimbingan dan Konseling
- Keunikan dan Keterkaitan Pelayanan Guru dan Konselor
- Layanan BK Sarat Nilai
- Kekeliruan Pemahaman tentang Bimbingan dan Konseling
- Penanganan Siswa Bermasalah di Sekolah
- Perjalanan Jauh Bimbingan dan Konseling sebagai Profesi
- Penulis dan Konseling
- Guru BK Tak Perlu Beri Solusi
- Standar Ruangan Bimbingan dan Konseling
- Menyoal tentang Ruang BK
- Seminar BK di UNIKU
- Menyoal Situs ABKIN
- Rubrik Sertifikasi Guru BK
- Instrumen Pengamatan Keterampilan Proses Konseling
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
A. Konsep Psikologi Pendidikan
- Behaviorisme
- Psikoanalisis
- Psikologi Humanistik
- Hakikat Belajar
- Teori-Teori Belajar
- Teori-Teori Motivasi
- Hakikat Cinta
- Gaya Belajar Siswa Menurut Kolb
- Self-Diri
- Harga Diri
- Tentang Hipnosis
- Tentang IQ, EQ, dan SQ
- Konstribusi Psikologi Terhadap Pendidikan
- Kriteria Perilaku Abnormal
- Memahami Emosi Individu
- Memahami Perilaku Individu
- Pengaruh Faktor Keturunan terhadap Individu
- Pengaruh Lingkungan terhadap Individu
- Hubungan Orang Tua-Anak
- Taksonomi Perilaku Individu
- Perilaku Sosial
- Tentang Kerjasama
- 14 Cara Menumbuhkan Kerjasama di Sekolah
- Mengembangkan Kemitraan
- Mengembangkan Komunikasi yang Efektif
B. Perkembangan Peserta Didik
- Tugas-Tugas Perkembangan Individu
- Perkembangan Individu Secara Didaktis
- Perkembangan Individu
- Perkembangan Karier
- Perkembangan Keagamaan
- Perkembangan Kepribadian
- Pola Kepribadian Individu – Elizabeth B. Hurlock
- Perkembangan Kognitif
- Perkembangan Konatif
- Perkembangan Moral
- Problema Remaja
- Kemampuan Individu
- Kepribadian Individu
- Tipe-Tipe Kepribadian Individu
- Karakteristik Perilaku dan Pribadi Remaja
- Kecerdasan Individu Delinkuen
- Ciri-Ciri Kedewasaan
- Ciri-Ciri Manusia Merdeka
- Ciri-Ciri Manusia Inovatif
- Tips Menuju Pribadi Sukses
- Kepribadian Sukses ala New Psycho Cybernetics
- Kesulitan dan Bimbingan Belajae Siswa
- Upaya Mencegah Kecemasan Siswa di Sekolah
C. Aplikasi Psikologi dalam Pendidikan
- Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow di Sekolah
- Disiplin Kerja
- Disiplin Siswa
- Kreativitas di Sekolah
- Mithos tentang Kreativitas
- Mencairkan Konflik
- Sekolah Berbahaya
- Rasa Cinta dalam Pendidikan
- Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran
- Pskologi Pendidikan dan Guru
- Mengelola Stress
- Perilaku Nyontek
- Menghilangkan Rasa Cemas
- Pengembangan Aktivitas, Kretivitas dan Motivasi Siswa
- Umpan Balik yang Efektif bagi Siswa
MANAJEMEN PENDIDIKAN
A. Konsep, Substansi , dan Proses Manajemen Pendidikan
- Konsep Manajemen Sekolah
- Manajemen Keuangan
- Manajemen Kinerja Guru
- Manajemen Kurikulum
- Manajemen Peran Serta Masyarakat
- Peran Komite Sekolah
- Manajemen Perubahan
- Manajemen Peserta Didik
- Kehadiran dan Ketiidakhadiran Siswa
- MOS yang Humanis
- MOS yang Menyebalkan
- Konsep Dasar Sekolah Kategori Mandiri- SSN
- Analisis Situasi Sekolah
- Visi Sekolah
- Teori-Teori Organisasi
- Team Work di Sekolah
- Standar Nasional Pendidikan
- Biaya Pendidikan
- Tentang Pendanaan Pendidikan
- Budaya Organisasi di Sekolah
- Pengembangan Budaya Sekolah
- Iklim Sekolah
- Sekolah sebagai Agen Pengembangan Karakter
- Sekolah Sehat dan Sekolah Sakit
- Cara Meningkatkan Inovasi
- Inovasi dan Tata Kelola Pendidikan
- Langkah-langkah Memelihara Inovasi di Sekolah
- Ciri-Ciri Sekolah Bermutu
- Difusi Inovasi
- Image Perubahan Pendidikan
- Kantin Sekolah
- Seragam Sekolah
- 11 Karakteristik Manajemen Sekolah
- Konsep Pengambilan Keputusan
- Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan
- Keputusan Partisipatif
- Rencana Pengembangan Sekolah
- Strategi Pengembangan Sekolah Unggul
B. Kepemimpinan Pendidikan
- Kualifikasi Kepala Sekolah
- Kompetensi Kepala Sekolah
- Kemampuan Manejerial Kepala Sekolah
- Kepemimpinan Kepala Sekolah
- Kepemimpinan Pendidikan
- Kepemimpinan Perempuan
- Kepemimpinan Transformasional
- 70% Kepala Sekolah Tidak Kompeten
- Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah
- Profil Manajer dan Pemimpinan yang Dibutuhkan Saat ini
- Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah
- Konsep Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
- Kewirausahaan Kepala Sekolah
- Menjadi Kepala Sekolah yang Efektif
C. Pengawasan Pendididikan
- Standar Mutu Pengawas Sekolah
- Hakikat Pengawasan Sekolah
- Tugas Pokok Pengawas Sekolah
- Penugasan Pengawas Sekolah
- Kualifikasi Pengawas Sekolah
- Kompetensi Pengawas Sekolah
- Pengembangan Karier Pengawas Sekolah
- Perencanaan Pelaksanaan dan Pelaporan Pengawasan
- Download Buku Kerja Pengawas Sekolah
- Supervisi Klinis untuk Mengefektifkan Pembelajaran
- Konsep Supervisi Akademik
- Mengenal Beberapa Metode Supervisi Manajerial
- Model Kepengawasan/Supervisi Pendidikan Cooperative Profesional Development (CPD)
- Menggagas Evaluasi Kinerja Guru oleh Siswa
- Penilaian Kinerja Guru
- Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB)
- Penilaian Portofolio Guru
- Membangun Pengawasan Pendidikan Berorientasi Mutu
- Tugas Guru BK-Konselor dan Pengawas BK
- Program Pengawasan Sekolah
- Akreditasi Sekolah
- Kebijakan Akreditasi Sekolah
- Visitasi dalam Akreditasi Sekolah
- Catatan Kecil tentang Sertifikasi Pengawas Sekolah
- Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
- Portofolio Sertifikasi Pengawas Sekolah
- Peran Pengawas Sekolah Harus Direvitalisasi
- Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas Sekolah
D. Instrumen Kepengawasan
- Instrumen Budaya Sekolah
- Instrumen Kemampuan Manajemen Kepala Sekolah
- Instrumen Akreditasi SMA
- Instrumen Akreditasi SMP-MTS
- Instrumen Kinerja Sekolah Standar Nasional
- Instrumen Pengamatan Proses Konseling
- Instrumen Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling
- Instrumen Sertifikasi Guru BK-Konselor
- Instrumen Supervisi Akademik
- Instrumen Supervisi dan Kinerja Berdasarkan Standar Nasional
- Inventori Tugas Perkembangan
E. Regulasi Pendidikan
- UU No. 39 Tahun 2008
- PP No. 17 Tahun 2010
- PP No. 25 Tahun 2010
- PP No. 37 Tahun 2009
- PP No. 41 Tahun 2009
- PP No. 42 Tahun 2009ran
- PP No. 52 Tahun 2009
- PP No. 74 Tahun 2008
- Permen PAN No. tahun 2009
- Permendiknas No 39 tahun-2009
- Permendiknas No. 10 Tahun 2009
- Permendiknas No. 15 Tahun 2009
- Permendiknas No. 27 Tahun 2008
- Permendiknas No. 28 Tahun 2010
- Instrumen Akreditasi SD-MI
- Permendiknas No. 15 Tahun 2010 – Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar
- Permendikbud No. 59 tahun 2011
- Permendiknas No. 11 Tahun 2011 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan
- Tentang Ujian Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (UN SD dan MI) – Permendiknas No.2 Tahun 2011
- Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional (POS-UN) Tahun Pelajaran 2010/2011
- Permendiknas No. 45 Tahun 2010 tentang Ujian Nasional
- Permendiknas No. 59 Tahun 2011 tentang Ujian Nasional
- Selengkapnya lihat DISINI dan DISINI
SERBA-SERBI PENDIDIKAN
A. Filsafat
- Pengertian Filsafat
- Mengapa Manusia Berfilsafat
- Filsafat Ilmu
- Hubungan Antara Filsafat dengan Ilmu
- Perkembangan Filsafat Ilmu
- Hakikat Ilmu
- Hakikat Teori
- Penalaran
- Teori Nilai
- Aliran Filsafat Pendidikan
- Manusia dan Masalahnya
- Filsafat Naturalisme
- Filsafat Pendidikan Islam
- Idealisme dalam Filsafat Pendidikan
- Islamisasi Sains
- Pendekatan-Pendekatan dalam Teori Pendidikan
B. Penelitian
- Penelitian Pendidikan
- Memahami Penelitian Kualitatif
- Penelitian Tindakan Kelas (I)
- Penilitian Tindakan Kelas II
- Karya Tulis Ilmiah (KTI) Guru
- Persyaratan dan Kriteria Karyatulis Ilmiah Guru
- Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Pendidikan
- Metode Penelitian Pendidikan
- Tentang Penulisan Skripsi
C. Internet dan Komputer
- Blog Paling Populer
- Menjadi Peringkat Pertama
- Caci Maki di Blog Nurdin M.Top
- Daftar Situs PTN
- Tentang Mesin Pencari
- Tarif Baru Telkomsel
- My Statement
- Satu Tahun Menjadi Blogger
- Printer Laser Dapat Membahayakan Tubuh
- Perubahan Blog
- Merubah Tampilan Blog
- GURARU Award 2011: Guru Era Baru, Guru Melek Teknologi
- Cirebon Blogger Competition
- Wow! Blog ini ada di Tabloid PC Mild Edisi 25/2010
D. Sosial dan Budaya
- Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd.: Guru Besar Bimbingan dan Konseling
- Guru yang Selalu Dikagumi dan Dikenang Muridnya
- Tahun Pelajaran Baru di Bulan Juli
- Institusi Lokal dan Modal Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat
- Pembelajaran Monyet
- Menuju Masyarakat Belajar
- Pendekatan Sosial dalam Kegiatan KKN
- Peran Aktif Organisasi Profesi
- Sejarah Pelacuran di Indonesia
- Sejarah Pelacuran Dunia
- Pornografi dan Pornoaksi
- Mengkritisi Tayangan Infotainment
- Antasari Dicegah ke Luar Negeri
- Benda dan Manusia Busuk
- Berita Mengenaskan Para TKW
- Quick Count Pilpres 2009
- Mobil Dinas Obama
- Partai Golput
- Pembelajaran Diri dalam PEMILU 2009
- Berita Miring Debat Capres
- Bom Ritz Carlton-Marriott Terkait dengan Hasil Pilpres 2009
- Ulama Doakan Pelaku Teroris Dilaknat Allah
- Pernyataan Para Muallaf tentang Islam
- Muslim yang Pernah Menjelajah Luar Angkasa
- Tradisi Mudik
- Bugiakso: Penggagas Blog Competition 2009
- Dua Lirik Lagu yang Menyentuh Hati
- Fenomen 2012
- Kerusuhan di mana-mana
- Harapan Anda terhadap Mendiknas
- Jaman Pra Listrik dan Pasca Listrik
- Korupsi di Dunia Pendidikan
- Potensi Penyimpangan DAK Pendidikan
- Korupsi Ibarat Kanker Ganas
- KPK, Tamatkah Riwayatnya?
- Soeharto Meninggal !
- Kriteria Mendiknas yang Diharapkan
- Rekomendasi Tim 8 Kepada SBY
- Mewaspadai Berbagai Penyakit Guru
- Gempa Bumi
E. Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan
- Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional KPS Balikpapan
- Menjadi Guru Berkarakter
- Pengetahuan Manusia
- Pendidikan Karakter dalam Layanan Bimbingan dan Konseling
- Pendidikan Karakter Tanpa Peran Serta Bimbingan dan Konseling
- Pelatihan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling
- Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan Konseling Individual
- Teknik Penyusunan Program Pelayanan Konseling Berbasis IKMS
- Membaca untuk Pengembangan Pengetahuan
- Teknik Membaca SQ3R
- Dicari Buku-Buku Model Pembelajaran Inovatif
- Berfikirlah Terus Jika Ingin Tetap Menjadi Manusia
- Esensi, Proses dan Wilayah Administrasi Pendidikan
- Qalam: Majalah Psikologi Islam
- Majalah Bina Akademika
- Makna Baru Perubahan Pendidikan
- Wokshop di SMA N 1 Kadugede
- Workshop di SMA N 1 Garawangi
- Pengembangan Kinerja Inovatif Guru BK
- Workshop Dinamika Kelompok
- Dipanggil Depdiknas
- Menggagas Lesson Study di SMP N 1 Kadugede
- Penelitian Tindak Kelas dan Profesionalisme Guru
- Workshop Pendidikan Karakter di SMP Negeri 2 Darma-Kabupaten Kuningan
G. Kebijakan dan Umum
- Calon Peserta Sertifikasi Guru 2012
- Tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) Tahun 2011
- 70 PTN-PTS Mundur dari Ujian Nasional
- Setelah Empat Tahun Pemberlakuan KTSP
- Bahan Ajar Berbasis TIK
- DAK Pendidikan
- Gaji Ketigas Belas Tahun 2010
- Hasil Sertifikasi Guru Tahun 2009
- Kontoversi Ujian Nasional
- Komposisi Kabinet Indonesia Bersatu II
- Visi Capres dan Cawapres tentang Pendidikan
- Program Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
- Pro-Kontra Ujian Nasional
- Program 100 Hari Depdiknas
- Mutu Pendidikan Rendah, Salah Siapa?
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
A. Kurikulum
- Kuirikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru
- Pengertian Kurikulum
- Landasan Kurikulum
- Teori Pendidikan dan Kurikulum
- Kurikulum Berdasarkan Filsafat Behaviorisme
- Komponen-Komponen Kurikulum
- Prinsip Pengembangan Kurikulum
- Model Pengembangan Kurikulum
- Perkembangan Mata Pelajaran di Indonesia
- Perubahan Kurikulum
- MPMBS dan KTSP
- Panduan Penyelenggaraan SKS
- Pengembangan Diri dalam KTSP
- Pengelolaan Kurikulum Sekolah Standar Nasional
- Karakteristik Mata Pelajaran IPS
B. Konsep Pembelajaran
- Hakikat Pendidikan
- Definisi Pendidikan Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS
- Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
- Pendidikan dari Jaman ke Jaman
- Pendidikan Holistik
- Pendidikan Kritis
- Pendidikan Sepanjang Hayat
- Pendidikan Sepanjang Hayat (II)
- Pendidikan Umum
- Pendidikan yang Memerdekakan
- Peran Pendidikan Menuju Bangsa Yang Bermartabat
- Wacana Pendidikan Multikultural
- Konsep PAKEM
- Konsep Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah
- Konsep Pendidikan Karakter
- Pendidikan Karakter
- Pengembangan Karakter
- 10 Aspek Degradasi Moral dan 11 Prinsip Pendidikan Karakter
- Model Pendidikan Karakter
- Quantum Learning
- 10 Megatrend Belajar
- Empat Pilar Belajar
- Homeschooling
- Teori Belajar Konstruktivisme
- Komparasi Pembelajaran Behaviorisme dengan Konstruktivisme
- Pergeseran Paradigma Pendidikan
- 5 Unsur Penting falam Lingkungan Pembelajaran Konstruktivisme
- Prinsip Pendidikan Orang Dewasa
- Pembelajaran yang Efektif
- Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah
C. Proses Pembelajaran
- Persiapan Mengajar
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Silabus dan RPP Bernuansa Karakter
- Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran
- Strategi Pembelajaran
- Prosedur Pembelajaran
- Standar Pelaksanaan Proses Pembelajaran
- Standar Perencanaan Proses Pembelajaran
- Konsep Pengembangan Bahan Ajar
- Pengembangan Bahan Ajar
- Pembelajaran Kontekstual
- Pembelajaran Pengayaan (Enrichment)
- Pembelajaran Remedial (Remedial Teaching)
- Pembelajaran Tematik
- Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning)
- Jurnal Pembelajaran
- Model Pembelajaran Afektif
- Model Pembelajaran Group Investigation
- Pembelajaran Berdasarkan Masalah
- Model Pembelajaran Inovatif
- Model Pembelajaran Kreatif
- Model Pembelajaran pada SSN
- Cooperative Learning Teknik Jigsaw
- Pembelajaran Inkuiri
- Pembelajaran Inkuiri Sosial
- Model Pembelajaran Langsung
- SPICES : Konsep Pembelajaran Mutakhir dan Inovatif
- Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran
- Teknologi Pembelajaran
- Sumber-Sumber yang Mempengaruhi Teknologi
- Media Pembelajaran
- Media Pembelajaran Berbasis Komputer
- SlideShare Untuk Pembelajaran
- Teknik Pengelolaan Kelas
- Penataan Tempat Duduk Siswa
- Team Teaching
- Game dalam Pembelajaran I
- Game dalam Pembelajaran II
- Game dalam Pembelajaran III
- Icebreak Multimedia
- Kegiatan Ekstra Kelas
- Tips Memotivasi Siswa untuk Belajar
- Upaya Mengaktifkan Siswa dalam Pembelajaran
- Ciiri-ciri Pembelajaran Aktif di Kelas
- Ciiri-ciri Sekolah yang Melaksankan Pembelajaran Aktif
- Tujuh Prinsip Praktik Pembelajaran yang Baik
- Tips Sukses Mengajar ala Gisele Glosser
- Beban Belajar dan Pemberian Tugas Kepada Siswa
D. Penilaian Pembelajaran
- Penilaian Pembelajaran Siswa
- Penilaian Hasil Belajar Siswa
- Penilain dan Pengawasan Proses Pembelajaran
- Penilain Psikomorik
- Penilaian Afektif
- Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran
- Kriteria Ketuntasan Minimal
- Indikator Keberhasilan Program-Pendidikan Karakter
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Pengembangan Indikator
- Umpan Balik yang Efektif
- Sistem Penilaian pada Sekolah Standar Nasional
- Kemampuan Menganalisis dalam Pembelajaran
- Belajar untuk Memahami
PROFESI GURU
- Guru yang Efektif
- Profesionalisme Guru
- Peran Guru dalam Proses Pendidikan
- Peran Guru sebagai Fasilitator
- Peran Guru sebagai Pembimbing
- Peran Guru sebagai Motivator
- Tugas Guru Mata Pelajaran
- Proposisi Inti Kompetensi Guru
- Pemberdayaan Guru
- Sekilas tentang Program Induksi bagi Guru Pemula
- Program Induksi untuk Mencegah Malpraktek
- Bentuk Budaya Guru
- Lima Cara Guru Belajar
- Ciri-Ciri Guru Konstruktivis
- Antara Dukun dengan Guru
- Tips Menjadi Pendidik yang Dihormati
- Tentang Lesson Study
- Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Profesi
- Revitalisasi MGMP
- Standandar Penyelenggaraan KKG-MGMP
- Evaluasi Kinerja Guru oleh Siswa
- Guru dan KTSP
- Guru dan Siswa yang Terintimidasi
- Guru Menjadi Pekerja Profesional?
- Mensarjanakan Guru
- Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah
- Kompetensi Guru pada Sekolah Standar Nasional
- Klasifikasi Guru dan Tingkatan Praktik Pembelajarannya
- Kode Etik Guru Indonesia
- Sertifikasi 2010
- Pedoman Penyusunan Portofolio Sertifikasi Guru
- Penetapan Sertifikasi Guru
- Sertifikasi Guru BK-Konselor
- Sertifikasi Guru dan Pengawas Sekolah
- Sertifikasi Guru Tahun 2009
- Masalah Sertifikasi Guru
- Masalah Sertifikasi Guru (II)
- Penyelenggaraan Sertifikasi Guru
- Tunjangan Profesi Guru
- Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru
- Pencairan Tunjangan Profesi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar